Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai suplemen dan meningkatkan rasa berbagai makanan seperti sup dan kocok mie. Bahkan, aroma dan rasanya asam dan segar, sehingga jus jeruk nipis sering digunakan sebagai deodoran ikan pada ikan sebelum diolah. Terlepas dari itu, tidak banyak orang tahu bahwa jeruk nipis menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh


Pelajari lebih lanjut tentang kapur
Jeruk memiliki banyak varietas, salah satunya adalah jeruk nipis. Tidak seperti jeruk, yang biasanya digunakan sebagai makanan penutup, jeruk nipis tidak dimakan dengan cara ini. Jeruk ini lebih cenderung dicampur dengan makanan untuk membuatnya lebih enak atau untuk membuat minuman segar daripada dimakan secara langsung.

Jeruk ini, yang menyandang nama Latin Citrus aurantifolia, memiliki banyak nama cantik di berbagai daerah di Indonesia, seperti Kelangsa, Pecel Orang, Alit Orange atau Lemur Nepi di berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, banyak orang masih menyebut jeruk nipis dengan lemon atau lemon. Bahkan, jeruk nipis dan lemon berbeda dari jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki bentuk yang lebih bulat daripada lemon, yang sedikit lonjong dan memiliki bagian atas yang agak lengket. Kemudian jeruk nipis berwarna hijau muda, sedangkan lemon berwarna kuning muda. Meski warna jeruk nipis bisa menguning, orang biasanya cenderung menggunakan buah ini ketika warnanya masih hijau.

Beda lagi, kalau jeruk nipis. Jenis jeruk ini sering dikira kapur karena warna dan bentuknya yang mirip. Tetapi jika Anda berhati-hati, kapur jauh lebih kecil, sedangkan kapur biasanya ukuran bola tenis meja.

Warna kapur jauh lebih intens, yaitu hijau tua. Sementara jeruk nipis jauh lebih ringan dan terkadang agak kekuningan. Ketika disentuh, permukaan kulit yang terkalsifikasi jauh lebih halus dan lebih tipis, sedangkan kulit yang dikalsifikasi memiliki tekstur kasar karena dikelilingi oleh tonjolan kecil dan lebih tebal.

Manfaat jeruk nipis bagi tubuh


Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, air adalah zat penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen tubuh manusia adalah air. Air tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga cairan tubuh tetapi juga untuk menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh sembari mendukung ketersediaan energi untuk kegiatan.

Sayangnya, tidak semua orang suka minum air dalam jumlah banyak karena dianggap hambar. Sebagai gantinya, mereka minum minuman yang rasanya seperti jus, teh atau susu. Bahkan, beberapa minuman ini mengandung pemanis tambahan yang berkontribusi terhadap asupan kalori yang berlebihan.

Jika Anda tidak menyukai air, Anda dapat mengubah kebiasaan itu dengan menambahkan jus lemon ke minuman. Selain rasanya yang lebih enak, jus jeruk nipis juga menawarkan beberapa manfaat seperti:

1. Meremajakan kulit
2. Meningkatkan pencernaan
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
4. Membantu menurunkan berat badan
5. Jaga kadar gula darah tetap tegak
6. Mengurangi risiko penyakit jantung
7. Mengurangi risiko kanker
8. Atasi penyakit radang
9. Hindari dehidrasi